Minggu, 03 April 2011

COCA-COLA & MUSIK: (Mi Do Re Mi Do..)

mi do re mi do..
do sol fa mi re mi do re mi do..

(Ah, akhirnya ketemu juga nadanya..)

Awalnya, aku hanya melihat nada depannya (mi do re mi do..) di page Facebooknya Coca-Cola, ketika aku sedang mencari informasi tentang Blog Competition yang diadakan oleh Coca-Cola.. Lantas aku jadi penasaran sendiri, not berikutnya apa ya, supaya bisa membentuk sebuah jingle yang sempurna. Kucarilah dengan mencoba menekan-nekan tuts di keyboardku. Dan ketemu! Leganya..haha.. (Tulisan kali ini ada dalam rangka mengikuti kompetisi tersebut. Thanks ya hapis buat infonya.)

Coca-cola, minuman bersoda yang sudah amat dikenal sejak dulu. (paling tidak kutau semenjak aku kecil).
Coca-cola ada dimana-mana.. di warung, di supermarket, di mall, bahkan di warnet juga suka menyediakannya..

Sekilas mengenai Coca-Cola menurut sumber wikipedia,
Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Sarajevo, Georgia, Bosnia. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.
Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.
Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: "Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain". Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.

Kampanye Open Happiness (Buka Semangat Baru)
Musik memainkan peran sentral dalam kampanye. Lagu Open Happiness berdasarkan pada awalnya ditampilkan dalam iklan televisi untuk pasar Amerika. Lagu ini dirilis sebagai single. Ini adalah kolaborasi antara Cee-Lo dari Gnarls Barkley, Patrick Stump dari Fall Out Boy, Brendon Urie from Panic! at the Disco, Travis McCoy from Gym Class Heroes, Janelle Monae, dengan Polow Da Don dan Butch Walker sebagai produser. Disutradarai oleh sutradara pemenang penghargaan, Alan Ferguson, video klip untuk lagunya diluncurkan di MTV pada bulan Juli 2009.
The Coca-Cola Company pada Mei 2009 mengumumkan bahwa ikon pop Lebanon Nancy Ajram merekam versi bahasa Arab dari Open Happiness, yang disebut "Eftah Tefrah", yang dirilis di pasar Timur Tengah.The Coca-Cola Perusahaan kemudian mulai memasarkan Open Happiness tema untuk pasar Asia Timur pada Juni 2009. Lagu Open Happiness ini disesuaikan dengan bahasa Kanton untuk di Hong Kong; lagu yang dinyanyikan oleh bintang pop Hong Kong Joey Yung di negara versi dari lagu dan video musik Sebuah versi dari lagu untuk Singapura dirilis kemudian di bulan yang sama, yang dinyanyikan oleh bintang pop lokal Derrick Jocie Guo Holt. Video klipnya difilmkan oleh Warner Music. Pada bulan Juli 2009 Open Happiness ini diluncurkan di China, di mana versi lokal dari lagu ini direkam oleh penyanyi dan pencipta lagu Cina Wang Leehom. Lagu masuk dalam urutan lagu di Amerika Serikat, Selandia Baru, Perancis, Uni Emirat Arab, dan Australia. Di Cina, lagu secara bersamaan mencapai nomor peringkat pertama di beberapa tangga musik.
Pada bulan November 2009, The Coca-Cola Company meluncurkan versi Indonesia Open Happiness, dengan judul "Buka Semangat Baru". Lagu ini dinyanyikan oleh Ello, Ipang, dan Berry dari grup hip-hop/rock Saint Loco, dan bintang pop Indonesia-Filipina, Lala Kartodirjo. Nada intro lagu ini mirip dengan lagu tema Piala Dunia 2010,Wavin' flag. ( Lagu "buka semangat baru" ini saya sangat sukai semenjak awal lihat dan dengar di tv, penuh semangat liriknya.. penyanyinya pun memang pilihan semua).

Coca-cola sebagai sponsor Piala Dunia
Coca Cola sering ditunjuk FIFA menjadi sponsor Piala Dunia Sepak bola. Coca cola menjadi sponsor Piala Dunia hampir setiap tahun diselenggarakan Piala Dunia termasuk Piala Dunia 2010. (Kawan tentu ingat bukan dengan penggalan lagu ini, Give me freedom, give me fire, give me reason, take me higher.. Memanglah, Coca-Cola tidak jauh-jauh dari musik)

Oya, aku pun dulu sempat memposting tugas kuliah untuk mata pelajaran softskill. Salah satu soalnya adalah membuat contoh analisis SWOT pada suatu institusi / perusahaan. Aku searching di google, dan kuputuskan mengambil Coca-Cola sebagai contohnya saat itu. Untuk mengetahuinya, klik disini.

Visi Coca-Cola kalau aku tidak salah ingat (sumbernya dari wawancara orangnya Coca-cola "as the RockStar" dengan Hardrock Fm tahun 2010) adalah ingin menjadi minuman yang ready to drink. Jadi, kalau kita bertamu, biasanya minta minuman berupa teh, atau sirup, Coca-Cola ingin merubah paradigma tersebut. Tidak usah repot menyeduh atau membuatnya, tinggal sajikan Coca-Cola saja sebagai minuman peneman saat bercengkrama (Huah, seperti promosi saja ya saya,hehe..)
Menurut saya untuk mewujudkan visinya tersebut, Coca-Cola harus lebih aktif dalam melakukan penetrasi, memperkenalkan produknya tersebut hingga ke pelosok sekalipun. Dan sebisa mungkin menjadi minuman yang "merakyat", hehe..

Talk about Music
Music is around us.. All you have to to.. is listen..
Begitulah sepenggal quote dari film yang kukagumi "August Rush". Aku sangat suka musik. Lewat gitar, musik bisa menjadi tempatku meluapkan emosi (walaupun nadanya ke timur, gitarnya ke barat,hehe..) Musik juga menjadi penghibur dan memberi semangat bagi hati yang sedih. Musik membawa ketenangan bagi yang membutuhkannya. Dan musik tentunya bisa menjadi doa dan harapan kepada Sang Pencipta.

Sumber foto : http://www2.coca-cola.co.id/promo/

7 komentar :

  1. weitz mau ikutan ta??
    Semangat deh :D

    BalasHapus
  2. kita ngk menang yha nit,.
    tp ttp smgt,.
    moga" jha da lomba blog gee,.
    trs bs menang dhe,.
    :)

    BalasHapus
  3. gue pernah diceritain orang yg pernah kerja di coca cola cibitung, katanya coca cola di indonesia beda sama di luar, disini lebih manis,

    But mantap nih coba2 nya

    BalasHapus
  4. @ hapis : kalo ada info lomba blog lagi, jangan lupa kabar2in ya pis.. amin. moga2 saat kemenangan itu bisa dateng ya..

    @ ambar tq mbar. oya, mungkin karena khusus buat org indo jadi dibikin lebih manis. kan orang kita lebih suka yang manis2,hehe..

    BalasHapus
  5. oke nit,.
    klu da lomba" gee, pst ku ksh th nita..
    klu nita dpt kabar da lomba, jgn lp ksh ku yha nit...
    :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...