Kesadaran untuk berhubungan dengan strategi pada organisasi adalah merupakan hal yang baru. Perencaaan sudah merupakan hal umum dilakukan oleh organisasi. Suatu kerangka atau rencana yg mengintegrasikan tujuan-tujuan kebijakan dan tindakan/program organisasi, tetapi perencaaan bukanlah strategi. Berfikir strategi membutuhkan kesadaran dan mindset yang berbeda, lebih fokus pada cause and effect yang dinamis, persaingan, dan ketidakpastian lingkungan. Strategi merupakan positioning organisasi di masa depan – dengan memberikan daya ungkit melalui asset-aset yang dimiliki untuk menciptakan asset yang dapat membawa organisasi pada posisi superior terhadap pesaing melalui penciptaan nilai.
So...What is strategy?
Strategy is an action a company takes to attain superior
performance.
Manajemen merupakan serangkaian proses yang terdiri atas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling) dan penganggaran (budgeting).
-Nawawi-
Why do some firms succeed while others fail?
A central objective of strategic management is to learn why this happens.
What is strategic management ?
Strategic management is the study of why some firms outperform others.
Manajemen stratejik adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
- Siagian (2004)-
Evolusi Manajemen Strategis
• B.Henderson (BCG) :peningkatan resiko kesalahan,biaya,memburuknya ekonomi adalah penyebab manajer profesional melakukan manajemen strategis secara serius.
• Gluck, Kaufmandan Walleck:empat tahap manajemen strategis yaitu perencanaan keuangan dasar(1950-an),perencanaan berbasis peramalan(1960-an),perencanaan beorientasi keluar(analisis industri dan posisi persaingan-1973-1974) dan manajemen strategis.
How to create competitive advantages in the market place ?
• Unique and valuable
• Difficult for competitors to copy or substitute
Manajemen strategi merujuk pada proses manajerial untuk membentuk visi strategi, penyusunan obyektif, penciptaan strategi mewujudkan dan melaksanakan strategi dan kemudian sepanjang waktu melakukan penyesuaian dan koreksi terhadap visi, obyektif strategi dan pelaksanaan tersebut.
Pentingkah setiap organisasi memiliki Visi dan Misi ?
Mengapa Demikian ?
GAMBARAN VISI PERUSAHAAN
“Alice” in Wonder
Dalam perjalanannya, Alice tertesesat di hutan, dan menghadapi beberapa pilihan jalan yang harus dilalui. Untunglah ia bertemu sahabatnya, seekor keledai. Bertanyalah ia kepada sahabatnya tersebut :
Alice :
“ Sahabatku, tolong tunjukkan kepada saya jalan mana yang harus saya ambil agar tidak tersesat lagi ? “
Si keledai :
“ Sebelum saya tunjukkan jalan, maukah Alice memberitahukan akan pergi kemana ? “
Alice :
“ Itulah masalahnya, Saya tidak tahu mau pergi kemana ….“
Si keledai :
“ Jika engkau tidak tahu mau kemana, maka jalan mana saja yang akan kamu pilih tidak akan membuat engkau tersesat. Toh Alice tidak mempunyai tujuan / tempat yang hendak dituju… “
VISI :
Suatu keinginan perusahaan terhadap keadaan di masa datang yang diinginkan/dicita-citakan oleh seluruh personel perusahaan dari jenjang yang paling atas sampai yang paling bawah (sampai pesuruh sekalipun).
What is the strategic management process?
The process by which managers choose a set of strategies for the enterprise to pursue its vision.
Manfaat perumusan strategi
• Mendorong pemahaman terhadap situasi
• Mengatasi konflik karena arah pengembangan yg tidak jelas
• Pendayagunaan dan alokasi sumberdaya yang terbatas
• Memenangkan kompetisi
• Mampu mencapai keinginan dan memecahkan permasalahan besar
Dari : berbagai sumber
Tidak ada komentar :
Posting Komentar