Jumat, 07 Januari 2011

Arirang Radio (Korean)

            Sudah 2 hari ini, sambil online (mencari lowongan kerja, facebook-an, blogger-an dan lain-lain) saya juga menikmati yang namanya live streaming ke radio. Semuanya berawal karena secara tidak sengaja, saya menonton sebuah program Korea di stasiun TV nasional kebanggaan kita bersama. Program tersebut mirip acaranya Edwin Lau di Metro TV kira-kira, acara masak-masak tapi sehat. Judulnya Cuisine Tour. Isinya membedah kuliner khas korea dan beberapa negara lainnya. Acara tersebut adalah hasil kerjasama dinas pendidikan TVRI dan kedutaan Korea (kalau saya tidak salah). Arirang nama channelnya. Program tersebut saya pikir bagus karena bersifat edukatif. Selain itu saya juga jadi bisa belajar listening bahasa Inggris (tapi fakta di lapangan berkata lain, lebih tepat karena dipicu oleh hostnya "Jake Choi" yang keren, lucu dan menyenangkan).
            Saya lalu tertarik untuk mencari tau program itu di internet (tentunya lewat mesin pencarian data paling wahid sejagad, google.com). Setelah menemukan website programnya (dan kemudian facebook hostnya), saya mulai menjelajah situs arirang itu. Saya melakukan registrasi juga agar bisa ikutan menulis di message board nya (dengan begitu negara Indonesia bisa ikut eksis juga tho, hehe). Saya juga mulai coba-coba streaming ke radionya, penasaran mau tau kalo dengerin radio Korea itu seperti apa. Awalnya saya pikir pasti telinga saya akan tersambung dengan frekuensi telinganya Jang Geun Suk atau Lee Min Hoo. Ternyata tidak. Semua penyiarnya full berbicara memakai bahasa Inggris dan itu sangat lancar (kagum saya jadinya dengan kemampuan bahasa Inggris orang Korea). Seneng juga saya jadinya, karena bayangkan saja kalau DJ-nya itu siaran memakai bahasa Korea, bisa-bisa saya cengok sendiri. Saya masih ingat waktu itu program pertama yang saya dengarkan namanya "All about Jeju". Berdasarkan keterangan yang saya baca sepertinya membahas semua hal yang berhubungan dengan Pulau Jeju. Saya lalu mengontak sahabat saya yang suka dengan hal-hal berbau Korea. Walaupun programnya berbahasa Inggris, saya masih tergagap menangkap apa yang dibicarakan. Telinga saya harus disetel ulang sepertinya (hehe..) agar terbiasa.Yah, bagus juga kan untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu lagu yang diputar juga lumayan enak.


Kalau ada yang mau ikutan tune in ke radio Arirang bisa klik disini

2 komentar :

  1. pst yg d tlp c riri yahh??
    wahh jd mau denger jg ney, sygnya radio Fm gag nyiarin yahh :(

    BalasHapus
  2. 100 buat tebakan anda..
    yoa, kejauhan..
    ga nympe sinyal korea ke radio kita,hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...