Dalam
pekerjaan kantor sehari-hari, sering saya dihadapkan harus me-manajemen waktu
agar pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu se-efektif mungkin. Yapp , efektif. Kata efektif ini
juga bisa dikaitkan dengan cara yang digunakan anak didik kita dalam mengerjakan soal ujian matematika
pilihan ganda. Dimana jumlah soalnya begitu banyak dan waktu yang diberikan hanya satu
setengah sampai dua jam. Tentu saja langkah pertama yang mesti diambil adalah
mengerjakan soal yang kita anggap paling gampang terlebih dahulu, yang tidak
memerlukan waktu lama dalam mengerjakannya. Proses scanning soal ini amat
penting, mengingat waktu yang diberikan amat terbatas (perhitungan rata-ratanya hanya diberikan waktu 3 menit per soal). Kalau kita mengerjakannya harus urut nomor dan kebetulan mentok di nomor-nomor awal, maka hal itu akan menjadi pemborosan
waktu alias tidak efektif. Sementara kalau kita segera beralih ke soal yang
lebih mudah dikerjakan, maka beberapa soal mungkin dapat kita jawab dengan benar. Waktu
yang terlalu lama hanya untuk memecahkan satu soal, bisa digunakan untuk memecahkan 3
sampai 4 soal. Nah, kali ini saya akan coba memberikan metode efektif untuk mengerjakan soal matematika tentang
mencari akar dari sebuah persamaan.
Contoh:
Carilah
akar-akar persamaan berikut:
x2+2x-15=0
Soal ini
bisa dijawab dengan banyak cara, dari mulai memfaktorkannya sampai rumus
andalan kalau sudah mentok, yaitu rumus abc.
Atau kalo
rumus abc juga lupa, maka rumus coba-coba masukin jawaban dari a sampai d, menjadi jurus terakhir ya. hehehe..
Nah, saya
akan coba memberikan alternatif cara agar bisa mengerjakan soal ini dengan lebih
cepat. Tapi sebelumnya, saya ingin menyampaikan bahwa cara ini hanya bisa digunakan untuk persamaan dengan syarat a=1. Atau sederhananya itu x2 nya harus polos alias tidak ada konstanta apapun didepannya, semisal 2x2 , -3x2 , atau -x2 .
Kembali ke soal diatas,
x2+2x-15=0
=> ax2+bx+c=0
1) i x j = c
Maksudnya, cari dua
bilangan yang jika dikali menghasilkan -15
2) i + j = b
Maksudnya, dan jika dua
bilangan tersebut ditambah menghasilkan 2.
Maka kita
cari dulu berapa bilangan yang jika dikali menghasilkan -15.
Untuk
langkah pertama ini, dalam kasus angka yang berbeda, pilihan perkalian yang
menghasilkan bilangan yang dimaksud bisa banyak. Kuncinya kita juga harus
memikirkan agar jika ditambahkan hasilnya bisa sesuai (step kedua). Untuk
melewati langkah pertama ini, insting kalian akan semakin terasah dengan semakin banyak berlatih
Nah,
kembali ke soal semula. Kita cari dulu dua bilangan yang jika dikali menghasilkan -15. Untuk soal diatas pilihannya bisa dua:
-3 x 5 =
-15 atau
3 x -5 = -15
Nah, untuk
mengetahui mana pilihan yang tepat, maka kita coba masuk ke langkah kedua.
Berapa dua
bilangan yang jika ditambah menghasilkan 2
Maka, dari
dua alternatif diatas, jawaban yang tepat adalah -3 dan 5 karena jika -3 + 5 =
2
Artinya:
-3 x 5 = -15
-3 + 5 = 2
maka i = -3 dan
j = 5
Jika
langkah ini sudah dilewati, maka hanya tinggal melewati langkah terakhir yang
sangat mudah,
3) Kalikan
kedua bilangan tersebut dengan -1
maka kita
sudah bisa mendapatkan akar-akar persamaan tersebut yaitu:
x1
= 3 atau x2 = -5
Mudah
bukan!
Untuk
membuktikan jawaban tersebut benar, coba kalian pecahkan persamaan
tersebut dengan metode yang kalian pelajari di sekolah.
Nah,
sekarang bagaimana jika di soalnya, konstanta didepan x2 nya bukan 1 (a ≠ 1) atau x2 nya tidak polos.
Ya, caranya
dibuat saja biar a = 1, dengan jalan membagi persamaan tersebut dengan konstanta
yang berada di depan x2
Misal:
Pecahkan
persamaan berikut:
2x2
– 2x – 24 = 0
Maka, kita sederhanakan
supaya 2x2 menjadi x2, dengan jalan membagi persamaan
tersebut dengan konstanta yang berada di depan x2, yaitu 2.
2x2 – 2x – 24 = 0
2
=> x2
– x – 12 = 0
Jika sudah
sederhana seperti ini, maka tinggal ikuti langkah sebelumnya.
i x j = -12
i + j = -1
1)
Pilihannya bisa:
-4 x 3 = -12 atau 4 x -3 = -12
2) Pilih
yang -4 dan 3 karena -4 + 3 = -1
3) Kalikan
dengan -1, maka jawaban soal diatas menjadi x1 = 4 atau x2 = -3
Lanjut berlatih
lagi ya,
Pecahkan
persamaan berikut:
-x2
+ 8x - 15 = 0
Mari
sederhanakan terlebih dahulu:
-x2
+ 8x - 15 = 0
-1
x2
– 8x + 15 = 0
1) -5 x (-3)
= 15
2) -5 +
(-3) = -8
3) maka akar-akar persamaannya, x1
= 5 atau x2 = 3
Berlatih sekali lagi yuk,
Pecahkan
persamaan berikut:
-3x2
+ 15x - 18 = 0
Pertama, sederhanakan
persamaan tersebut:
-3x2+ 15x - 18 = 0
-3
x2
– 5x + 6 = 0
1) -3 x (-2)
= 6
2) -3 + (-2)
= -5
3) x1
= 3 atau x2 = 2
Kalau kalian sering berlatih, lama-lama soal jenis tersebut akan terasa semakin mudah dan bisa menjadi soal yang membantu untuk menambah skor dalam ujian yang kalian kerjakan.
Selamat berlatih! ^^
Love,
Nita
Tidak ada komentar :
Posting Komentar