Sabtu, 27 Agustus 2016

Melupakan Hal Mendasar, Urutan Pengerjaan dalam Operasi Matematika

Sumber gambar: dari sini

Beberapa hari lalu, sengaja aku browsing soal UN MTK SD karena udah kangen banget sama soal MTK yg demennya ngerjain orang itu. Udah lama juga ga ngajar privat mtk lagi, makanya sekalian ngasah otak lagi biar ga tumpul. Karena rutinitas kerja yg begitu terus, makanya pengen refreshing otak dg cara ngerjain soal MTK. (Refreshing kok gitu caranya sih, Nit.. wkwkkwk)

Setelah dapet soal UN tahun 2014, aku mulai ngerjain. Temanku yg milihin. Kupikir akan selesai cepat, ternyata satu soal yg dikerjakan dalam waktu 15 menit sebelum jam pulang kantor, blm kelar juga lho ampe anak-anak kantor pada pulang. Wkkwkkwk... Udah gitu, yg bikin aku makin gemes karena soalnya itu bukan pake rumus-rumus dewa yg susah banget. Cuma soal perhitungan matematika dasar. “-_-

Soalnya tu begini:
Hasil 62,5%:2 ¼ x 1,5 = ...

Cukup sederhana kan ya.. Cuma ada angka yg dibagi trus dikali. Pilihan jawaban yg ada disana dalam bentuk pecahan biasa, makanya aku rubah semuanya jadi pecahan biasa dulu. Seingatku pembagian dan perkalian posisinya sama kuat, jadi aku kerjain kali dulu aja deh. Setelah diitung berkali-kali, sampe dicek lagi siapa tau ada yg keliru dalam pengubahan bilangannya, kok ga ada juga ya angka jawabanku di pilihannya jawabannya.

Setelah bingung, akhirnya coba aku kerjain kalo pembagiannya dulu. Dan akhirnya ketemulah jawabannya. Aku masih ga puas kenapa beda cara bisa beda jawaban ya. Lalu aku buat soal semacamnya yg lebih sederhana.

Soalnya begini:
100:2x5 =...

Kalo ngerjain perkalian yg kali dulu, maka hasilnya adalah 10.
Tapi kalo ngerjain pembagiannya dulu, makanya hasilnya adalah 250.
Kok bisa beda gitu, trus yg bener gimana sih pakemnya. Soalnya seingatku baik bagi atau kali kan posisinya sama kuat. Lagian Matematika itu kan ilmu pasti (baca: saklek) jadi pasti ada prinsip dasarnya yg kuat.

Penasaran lagi, dengan operasi penambahan dan pengurangan, aku buat soal sederhana ini:
10-2+5 =...
Kalo ngerjain penambahannya dulu hasilnya kan 3, tapi kalo ngerjain pengurangannya dulu hasilnya kan 13. Padahal tambah dan kurang posisinya juga sama kuat.

Huffftt... Makin penasaran akhirnya google aja lah. Setelah didera dilema, akhirnya aku dapet pencerahannya dari yahoo answer. (Waktu telah berlalu sampai setengah jam kemudian. Ruangan kantor kini telah sepi, krik krik..)

Jadi, pertanyaan yg ditanyakan ke bang Yahoo adalah seperti ini:
Pada soal matematika 8 : 2 x 4 berapa hasilnya? Mana yang didahulukan?
Dan jawabannya yg tepat seperti ini:

PERATURAN DASAR MATEMATIKA ITU: 
1) Hitungan dilakukan dari kiri ke kanan 
2) Hitungan yang terdapat dalam kurung dilakukan terlebih dahulu, saat terdapat lebih dari satu kurung lakukan perhitungan di kurung terdalam 
3) Lakukan Hitungan Akar atau Pangkat harus dilakukan pertama 
4) Lakukan Hitungan Perkalian dan Pembagian berikutnya 
5) Lakukan Hitungan Penambahan dan Pengurangan 

Berlanjut Ke Pertanyaan, 
dalam kasus " 8:2x4", 
Terdapat 2 jenis Operasi yang Sama Kuat (Perkalian dan Pembagian), lalu tidak terdapat Kurung.. 
Apa yang harus dilakukan.. 

Kembali Ke Peraturan Dasar Nomor 1. 
"Hitungan dilakukan dari kiri ke kanan"..... 

8:2x4 =  4x4 
          =  16 
Jadi Jawabannya adalah 16

Nah, jelaslah sekarang mengapa ketika kukerjakan soal di UN tsb, ga ketemu-temu jawabannya. Itu karena aku mengerjakan perkaliannya dulu. Padahal seharusnya kalo tanpa kurung, maka yang didepan dioperasikan lebih dulu dilanjutkan yang berikutnya. Bagi dan kali sama kuat, begitu juga dgn tambah dan kurang. Jadi, untuk soal seperti di atas, dikerjakan dari kiri.

Itulah hal sederhana yg aku telah lupakan. Dan ilmu ini akan terus aku ingat, karena aku tidak boleh menyesatkan anak didikku jika nanti ada yg minta diajari mengerjakan soal seperti tadi. Hehehe..

So, back to start..

Hasil 62,5%:2 ¼ x 1,5 = ...
a. 1/4
b. 5/12
c. 5/6
d. 15/16

Jawaban manakah yang akan kalian pilih?


Love,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...