Sabtu, 26 Maret 2011

A.. Alfa.. B.. Bravo.. C.. Cicak ???

Hal baru lagi kupelajari semenjak aku bekerja. Bukan ilmu baru sebenarnya, tapi akunya saja yang baru tau. Mengenai kode huruf fonetik kalau tidak salah namanya. Untuk menghindari salah penulisan ketika memberikan suatu informasi lewat telepon misalnya, maka kita mengeja kata tersebut dengan kode di masing-masing hurufnya. Misalnya menyebut email seseorang, atau segala sesuatu yang butuh keakuratan. Pernah dulu, ketika aku mendapat panggilan tes kerja by phone, aku diberitahu suatu informasi. Saya lupa apa itu. Alamat email atau apa.Yang aku ingat mbaknya menyebut suatu kata satu persatu. Charlie Alfa.., ya kutulis saja seadanya tanpa kumengerti. Setelah cukup panjang kuikuti kata-katanya barulah kusadar bahwa ia sedang mengeja kata itu dengan kode agar aku tidak salah catat. Gubrakk..

Lalu di kantor, aku juga sering mendengarnya. Aku penasaran. Kutanya papaku. Katanya itu kode untuk radio bip bip jaman dulu. Aku ingin tau dari A sampai Z, masing-masing kode hurufnya apa saja. Kutanyalah Mbah Gugel. Kudapat jawabannya.

A = Alfa
B = Bravo
C = Charlie
D = Delta
E = Echo
F = Fanta --> Foxtrot
G = Golf
H = Hotel
I = India
J = Jakarta --> Juliet
K = Kilo
L = Lima
M = Mama --> Mike
N = November
O = Oscar
P = Papa
Q = Quebec
R = Romeo
S = Sierra
T = Tango
U = Uniform
V = Victor
W = Whiskey
X = X-ray
Y = Yankee
Z = Zulu

Yang diberi tanda panah itu berarti versi internasionalnya. Oscar Kilo Echo !!

3 komentar :

  1. sama dund klo nyebutin alamat email mang harus d spelt

    BalasHapus
  2. 'dimana bu kirimnya?'
    'ke blok C, rumahnya si ade'
    "c, charlie bu?'
    'rumahnya ade'
    'iya bu, blok c kan charlie charlie'
    'bukan ini mah rumahnya ade bukan charlie'
    ?????????????????????
    sepenggal penggalaman w sbg operator rmh
    (jadi posting nihhh kkkkkkk)

    BalasHapus
  3. @ dy : iya, sekarang w jadi hapal. jadi kalo mo spell jadi ga kebingungan lagi

    @ dina: hahaha, postingan terselubung nih..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...