Sabtu, 08 Agustus 2015

Perjalanan ke IKEA Alam Sutera Tangerang

Sabtu, 4 April 2015 aku bersama kawanku Maikel ngebolang ke daerah Tangerang. Baru kali ini main ke tangerang naik transportasi umum. Sampai di stasiun Bekasi aja udah kesiangan, skitar jam setengah 9. Aku baru sampai di stasiun Manggarai jam setengah 10 untuk ketemuan dengan Maikel. Sementara maikel udah sampe dari jam 8 an. Aduh, maap banget ya Mike, ngaret aku mang dah keterlaluan nih. Saat itu sudah amat siang, sementara perjalanan ke Tangerang bukanlah perjalanan yg singkat. Akhirnya kami tiba di stasiun Serpong sekitar pukul 12 siang, setelah sebelumnya transit di stasiun tanah abang. Kami langsung naik angkot yang menuju ke alam sutera. Sebenernya kalo aku datengnya bisa tepat waktu, kami mau mampir ke hutan kota 2 BSD karena disana katanya lumayan bagus. Tapi karena sudah terlalu siang, kami langsung menuju ke Alam Sutera. Dari bunderan Alam Sutera, kami jalan kaki menuju Mall Living World untuk membeli egg tart. Kami berputar-putar mall mencari dimana letak gerai Golden Eggtart yang terkenal itu. Di lantai paling atas aku melihat ada taman buatan yang lumayan bagus untuk duduk-duduk. Atau bisa juga untuk nongkrong sambil makan siang nasi bungkus yang dibawa dari Bekasi, hahaha.. Setelah ketemu gerainya yang ternyata terletak di lantai dasar, aku langsung memesan eggtart untuk dimakan disana dan juga dibawa pulang. Membawa sesosok mahluk bernama eggtart dari Tangerang ke Bekasi butuh extra kelembutan ternyata kawan, karena setelah ia sampai di Bekasi, wajahnya yang tadinya mulus berubah jadi carut marut, hehehe..

Selesai beli eggtart, kami pun makan siang di Mc D yang ada di dekat gerbang. Setelah makan, kami pun langsung menuju halte shuttle bus terdekat. Setelah ditunggu setengah jam, shuttle bus yang bentukannya mirip tram di luar negeri itu, tetap tidak juga muncul. Disitu ternyata ada kertas pengumuman yang memberi informasi bahwa untuk hari itu shuttle bus tidak beroperasi karena digunakan untuk kepentingan misa. Huah, sementara hari sudah semakin sore. Gimana ini? Akhirnya kami putuskan naik taksi, karena tidak ada transportasi lain yang bisa mengantar kami ke tempat tujuan utama kami hari itu. Ini adalah hal yang fatal untuk kantong kalau ingin ngebolang ala backpacker. Tapi daripada ga jadi, yasudahlah aku merelakan goban untuk ongkos PP naik taksi. Di Ikea nanti ada hal yang tidak mengenakkan terjadi. Kepala ku pusing parah. Setelah kuingat-ingat, ternyata hal itu disebabkan karena hasil akumulasi dari apa yang aku makan hari itu. Perut kosong diisi dg awalan 1 buah eggtart rasa duren+junk food+coca cola. Sempurna sudah untuk memicu tekanan darahku. Aku ternyata sudah tidak bisa menyentuh buah duren walau hanya sedikit, hix. Padahal duren kan enak ya kawan. :(

Eggtart by Golden Eggtart

Kembali ke cerita awal. Disana aku puter-puter Ikea yang ternyata luas bingit itu sambil pucing pala berbie bala-bala. Banyak show room yang keren-keren dengan price tag tergantung di setiap furniturenya. Kita boleh duduk-duduk, bahkan nyobain tiduran di kasurnya kalo mau, kaya di film 50 days of Summer. Asal jangan sampe kebablasan trus ngorok aja ya saking empuknya tu kasur. Hehehe.

Show room untuk ruang tamu dengan modelnya Michael

Ikea didesain sedemikian rupa agar konsumen mengikuti alur belanja yang sudah ditentukan dan ngelewatin semua zona produk yang ditawarkan. Pertama-tama kita diarahin buat liat-liat show room sama ke restorannya kalo kebetulan lagi laper. Trus alur belanja berlanjut ke lantai bawah buat liat dan ambil barang yang kita incer di warehousenya yang gede banget. Habis itu muter-muter market hall, dan Swedish martnya. Barulah ujung-ujungnya kita ketemu pintu kasir dan ada bistro juga diseberangnya.

Show room disana bagus-bagus dan bikin pengen berfoto ria. Kita bisa nyontek gimana menata interior yang baik. Bagus deh buat kamu-kamu yang kebetulan lagi dalam proses “ngisi” rumah. Show roomnya ada beragam jenis, ada show room khusus ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur sampai taman kecil di dalam rumah.

Show room kamar anak-anak

Yang paling aku inget adalah ada satu set interior untuk rumah minimalis. Jadi di dalemnya kita bisa ngintip interior dari mulai ruang keluarga, kamar tidur dan kamar mandinya. Liat furniture yang unik dan lucu-lucu pasti bikin ngiler, tapi pas aku liat harganya langsung mikir ulang. Mehong bookkk.. alias mahal, ga masuk di akal dan kantong. Ya wajah sih, secara produknya import trus kena pajak pemerintah atas barang mewah. Plus company profit yang cukup tinggi karena memang menyasar untuk kelas menengah ke atas.

Setelah dari showroom, masih di lantai 2, kita lanjut ke restorannya. Sampe TKP, udah ngantri panjang kaya uler. Tapi ya udah terlanjur sampe sana, jabanin ajalah tuh antrian, gak lama bgt sih sekitar 20 menitan lah. Aku kesana penasaran sama Swedish meatballnya yang beken itu. Di internet banyak yang ngulas, dan temenku juga pernah ngomongin tentang makanan tsb. Nah, perlu diperhatiin disini ada kebiasaan bahwa pengunjungnya harus bersihin meja makannya secara mandiri. Jadi abis makan, kita taruh lagi piringnya di troli yang kita bawa. Trus trolinya didorong lagi ke tempat khusus troli. Jadi gak perlu lagi ada petugas yang mesti bersihin meja.

Kita pesen 10 pcs swedish meatball plus juga pengen nyobain yang namanya mash potato. Pas menu Swedish meatballnya dikasih, ternyata udah dilengkapin sama mash potato juga. Double carbo deh.. Tapi kata Maikel mash potatonya enyak, jadi dia deh yg ngabisin. Mash potatonya creamy banget.

Swedish Meatball with Creamy Mash Potato 40K

Selesai makan, kita turun ke lantai bawah, dimana kita ngelewatin gudangnya dan masuk ke market hallnya yang luas. Disitulah pusingku memuncak, almost fall down, tapi masih ketahan soale langsung reflek pegangan. Dan habis itu rasanya cuma pengen cepet nemuin pintu keluar trus duduk. Akhirnya tiba juga di pintu keluar, aku liat di seberang kasir terdapat bistro yang menjual snack macem hotdog dan es krim. Es krimnya murah cuma 4K. Aku ngantri ke kasir dan setelah bayar es krimnya, aku dikasih cone dan sebuah koin untuk dimasukkan ke mesin es krim. Nah, tempat mesin ngisi es krimnya itu di sebelah, ga jauh dari situ. Lagi-lagi mesti ngantri di depan mesin es krimnya. Es krim vanilanya lembut dan enak. Sambil menikmati es krim, aku duduk. Maikel kembali ngantri ke kasir, soale cone nya dia jatoh dan pengen minta dituker.

Setelah selesai dari ikea, kami langsung pulang naik taksi. Di jalan pulang ternyata gerimis mengundang. Sore itu kami benar-benar kelelahan. Kami kembali ke tempat kami masing-masing, aku ke Bekasi dan Maikel ke Depok. Perjalanan dari planet Bekasi – Bumi – Satelit Tangerang kali ini benar-benar berkesan. Berkesan jauhnya.... Intinya kalo mau ke Ikea dari Bekasi naik transportasi umum, mesti siapin kaki dan tenaga aja. It will be a freaking long journey! Kesananya aja mesti naik kereta dan transit sampe 2 kali. Disambung naik angkot yang makan waktu lumayan lama kira-kira 20 menit. Udah sampe di Alam Sutera, mesti nunggu shuttle bus buat masuk ke dalam kawasannya. Kalo ga ada yang lewat ya terpaksa naik taksi. Plus disana ntar mesti ngiterin Ikea yang gede pisan. Udah capek muter-muter, mau pulangnya mesti ngelaluin rute yang sama kaya tadi berangkat. Bayangin kalo sambil nenteng-nenteng belanjaan. Yang sabar aja ya kawan.. Mungkin kalo ada fasilitas shuttle bus dari stasiun terdekat seperti stasiun Serpong menuju langsung ke Ikea, akan lebih meringankan pengunjung. Ya, kita harapkan saja semoga kedepannya bisa seperti itu.